Rabu, 14 November 2012

Hardware Software Untuk akses internet




A.      Perangkat Keras (Hardware) Utama

Perangkat keras yang digunakan untuk akses internet meliputi, komputer, modem, dan jaringan komunikasi. Masing komponen tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
Komputer
http://2.bp.blogspot.com/-zDqLMcnqcCw/UEICP_itCgI/AAAAAAAABsE/yU4YMWlDID8/s1600/p4a.jpg

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, komputer menjadi alat yang dapat digunakan dalam berbagai kegiatan misalnya pemrosesan, manipulasi, pengolahan data, dan transfer/pemindahan data/file. Kata komputer berasal dari kata to compute yang berarti menghitung. Jadi dulu alat yang bisa digunakan untuk menghitung bisa disebut komputer. Komputer juga alat yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Berikut beberapa komponen yang ada dalam computer, diantaranya :
Mainboard
http://4.bp.blogspot.com/-JZE5I2iZb0s/UEIBh_uW5HI/AAAAAAAABos/Eopxtd6GOTo/s1600/amd.jpg
            Mainboard atau papan utama tempat memasang perangkat keras (hardware) computer, seperti Prosesor,Memory, Harddisk, dan peripheral lainnya yang didalamnya terdapat chipset yang bertugas untuk mengatur aliran data. Untuk saat ini yang digunakan pada Laboratorium sekolah biasanya sekelas Mainborad yang memiliki soket 478 untuk prosesor Pentium IV, atau slot A yang digunakan untuk prosesor sekelas AMD.  
Prosesor





                                                                                                                                                
                                                                                                                                                     
http://4.bp.blogspot.com/-4F_ftv0V-6g/UEICU205e0I/AAAAAAAABsk/-0AGy7lGVTg/s1600/prosesor+a.jpg

            Prosesor merupakan otak dari sebuah komputer,  kecepatan komputer juga sangat  ditentukan oleh prosesor yang dipakai. Prosesor yang bisa digunakan untuk akses internet minimal Pentium 133 MHz.
Memori
http://4.bp.blogspot.com/-LwnW4eAI5xA/UEICDokIcwI/AAAAAAAABq8/0Faj-wt5wrI/s1600/memory+a.jpg
            Memori yang digunakan dalam komputer biasa disebut RAM (Random Access Memory). RAM dapat membaca/menyimpan/menulis data atau program. RAM yang bisa digunakan untuk mengakses internet adalah minimal 16 MB.
Harddisk
http://3.bp.blogspot.com/-wxQ4hA-REfU/UEIBt3gUgXI/AAAAAAAABps/GOejR3sm9z8/s1600/hd1.jpg
            Hardisk merupakan tempat menyimpan program/data yang ada dalam komputer. Harddisk yang besar mempengaruhi banyaknya software yang disimpan.                                                



Monitor
                                                                                                                                                        
http://2.bp.blogspot.com/-Y50bNaYIHUk/UEICOrQ6fsI/AAAAAAAABr8/yklur3NYpTc/s1600/monitor.jpg
            Monitor merupakan perangkat keluaran yang menampilakan perintah/data yang dimasukkan. Oleh karena itu informasi yang diproses oleh komputer dapat dilihat lewat komputer. Saat ini banyak macamnya monitor yang digunakan dari monitor yang masih menggunakan tabung sampai yang berbentuk LCD.

Spesifikasi Monitor dibedakan sebagai merikut
         CGA (Color Graphics Adapter) monitor jenis ini memiliki resolusi maksimal 640x400. artinya luas monitornya adalah 640 kolom dan 400 baris dan bisa menampilkan warna maksimum 64 warna.
B.    Perangkat Keras Tambahan (Peripheral)
Selain perangkat utama yang harus ada, diperlukan juga sejumlah perangkat tambahan (peripheral) yang terdiri atas modem, LAN Card, kabel-kabel Jaringan, serta switch hub.
1.       Modem
http://2.bp.blogspot.com/-8oNC-Znm6-s/UEICLyP91mI/AAAAAAAABrs/hVj8SKAAs6s/s1600/modem1.jpg

Modem (Modulator Demodulator) merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan line telepon yang berfungsi mengkonfersikan sinyal analog (telepon) menjadi sinyal digital (komputer) dan juga sebaliknya. Modem berkecepatan minimal 28.800 bp

                                                                                                                                     

Jenis –jenis modem
                                                                                                                                                         
http://2.bp.blogspot.com/-mfbuKvjjPOo/UEIBnhEmdfI/AAAAAAAABpM/QX-uTK_VziA/s1600/eksternal+modem.jpg
Modem Internal, yaitu modem yang dipasan di dalam komputer (CPU). Modem ini ditancapkan dalam slot yang telak tersedia. Modem ini sumber dayanya jadi satu dengan CPU. Modem internal lebih murah dibandingkan dengan modem eksternal.
Modem ekternal, yaitu modem yang dipasang diluar komputer (CPU) yang mana dihubungkan dengan menggunakan kabel USB.  Modem eksternal sumber dayanga ada yang dari CPU ada yang mempunya sumber daya sendiri.

2.       LAN Card
http://1.bp.blogspot.com/-VwV39goZmGY/UEICChHuNCI/AAAAAAAABq0/zZO13GDgdiE/s1600/isa+lan+card.jpghttp://2.bp.blogspot.com/-WcA1LC49Qu0/UEICStFGAyI/AAAAAAAABsU/Sv7vtXwaCUA/s1600/pci+lan+card.jpg

LAN Card atau NIC (Network Interface Card) digunakan jika computer dihubungkan dalam jaringan. LAN Card pada jaringan ini dipasangkan pada computer client yang dihubungkan ke server melalui HUB. Jaringan computer lokal (Local Area Network) ini menggunakan media transmisi kabel antarmuka/interface. NIC tersebut dapat berupa card tersendiri yang harus dipasangkan dalam mainboard computer atau NIC yang sudah terintegrasi dalam mainboard (Onboard). Untuk LAN Card yang berupa Card ada beberapa Jenis, antara lain yang menggunakan Soket ISA, Soket PCI, dan juga yang menggunakan wireless ( gelombang radio), dan saat ini banyak yang menggunakan jenis PCI, selain banyak dipasaran juga transfer data lebih cepat dibandingkan dengan LAN Card jenis ISA.
                                                                                                                                                       



Switch
                                                                                                                                                                                        
http://3.bp.blogspot.com/-VxTF8lZN8BQ/UEIBvuY7kZI/AAAAAAAABp8/rR7rS5CkDTE/s1600/hub1.jpg
Perlengkapan lain yang sering digunakan untuk membangun jaringan computer yaitu : a. HUB/ switch untuk jaringan dengan topologi Bus dan Star dengan media transmisi kabel, (b)Wireless Access Point, untuk jaringan tanpa kabel, Router, dan repeater jika lingkup jaringan computer diluar jangkauan media transmisi standar. Perlu ditambahkan disini bahwa kabel RG-58 maksimal 185 Meter, sedangkan kabel UTP 100 Meter.



  •  
Mozilla Firefoxhttp://2.bp.blogspot.com/_3kiMP0E_RHM/R3Sq5J0zppI/AAAAAAAAACU/wCJddz1TxBg/s320/mozilla.jpgPengembang: Mozilla Corporation / Mozilla Foundation
Sistem operasi: antar-platform
Jenis: Penjelajah web
Lisensi: Mozilla EULA untuk distribusi biner
Situs web: http://www.mozilla.com/firefox/
            Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal.                                                                                                                    

            Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
            Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
            Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser.
            Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
            Mozilla Firefox sekarang telah sampai ke versi 2.0. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.


                                                                                                                                         

                                                                                                                                                  



Netscape Navigator                

http://3.bp.blogspot.com/_3kiMP0E_RHM/R3SoSZ0zplI/AAAAAAAAAB0/S0mQFr2OPSw/s320/Netscape.pngPengembang: Netscape Communications Corporation
Sistem operasi: antar-platform
Jenis: Penjelajah web Situs web
Situs:
http://browser.netscape.com/
            Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh.
            Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.
            Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.


  
Internet Explorer
            Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX,tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.
            Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai browser default di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.
            Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah diupdate dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk mengupdate Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.












      

Makalah

http://www.anneahira.com/images/browser.jpg

  Hardware
   Software
   Untuk akses internet


  Nama. Siti  Hartini
     Kelas . X a

Daptar isi

1.      Perangkat keras
v Motherboard
v Processor
2.      Perangkat keras
v Memori
v Hardisk
3.      Perangkat keras
v Monitor
v Modem
4.      Perangkat keras
v Jenis modem
v Lancard
5.      hardware dan software
v switch
v Mozilla
6.      Software
v Mozilla
7.      Netspace
8.      Internet expoler

Poskan Komentar